alan turing 100th bhirthday



Google peringati ulang tahun Alan Turing ke 100
Google Doodle (© Merdeka.com)
KA
Setelah beberapa minggu Google Doodle di wilayah Indonesia tidak mengalami perubahan, hari ini (23/06), mesin pencari Google ini mulai mengganti logonya kembali. Apabila logo Google Doodle yang paling akhir adalah FabergĂ© egg, maka kali ini Google memberi kesempatan kepada seorang ahli matematika sekaligus komputer bernama Alan Turing. Namun, siapakah Alan Turing?


Seperti yang dituliskan dalam En.Wikipedia.org, Alan Mathison Turing lahir pada tanggal 23 Juni 1912 di Maide Vale, London, Inggris. Selain sebagai ahli matematika dan komputer, Turing juga tercatat sebagai pahlawan perang Inggris. Turing menjadi terkenal karena kepiawaiannya dalam mengolah rumus-rumus matematika, membuat kode, membuat konsep alogaritma dan komputasi.

Pada saat Perang Dunia II, Turing diplot sebagai seorang pemecah kode sandi milik tentara Jerman. Ketika perang telah usai, Turing mulai mencari pekerjaan lain serta melakukan berbagai penelitian dan pengembangan seputar matematika dan komputer. Di tahun 1948, Turing pernah memimpin sebuah laboratorium komputer bernama Max Newman di Manchester University.

Di tempat tersebut, ketertarikan Turing mulai berganti. Turing lebih tertarik mendalami matematika biologikal daripada ilmu yang selama ini dia pelajari. Namun, tidak berarti Turing meninggalkan dan tidak mempelajari lagi semua ilmu sebelumnya.

Namun sayangnya, prestasi dan kecerdasan Turing di masa muda berbanding terbalik ketika dia sudah mulai beranjak tua. Pada tahun 1952, Turing ditahan atas tuduhan homoseksual. Perilaku homoseksual pada tahun tersebut di Inggris sangat dilarang. Tidak berhenti di situ saja, pengadilan Inggris juga memutuskan untuk melakukan pengebirian secara kimia dengan cara menyuntikkan hormon wanita atau estrogen ke dalam tubuhnya selama setahun.

Turing akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 7 Juni 1954. Asumsi pertama adalah keracunan, namun beberapa penyelidik menyimpulkan bahwa dia sengaja bunuh diri. Setelah kematian Turing, pada tanggal 10 September 2009, pemerintah Inggris melalui perdana menterinya Gordon Brown merilis permintaan maaf kepada Alan Turing secara resmi karena telah memperlakukan Turing dengan buruk di akhir hidupnya. 1954 - 2009 adalah 55 tahun berselang. Mengapa pemerintah Inggris begitu lama memproses suatu permintaan maaf?

Semasa hidup, namanya pernah dinobatkan sebagai nama penghargaan di bidang komputer dan juga mengacu pada Nobel bidang komputer. Menurut iBnlive.in.com, Google dan Intel merupakan dua perusahaan yang menjadi sponsor Turing Award tersebut. Karena dedikasinya pada pendidikan, khususnya matematika dan komputer, Google memberikan penghargaan kepada Alan Turing agar dapat menghiasi tampilan Google Doodle hari ini.

Google Doodle hari ini memiliki gambar Turing Machine. Menurut penjelasan di Neowin.net, walaupun logo mesin Turing ini dapat dilihat oleh semua pengguna internet di dunia, namun hanya beberapa negara saja yang dapat mengotak-atik logo tersebut.

Post a Comment

Setelah membaca posting di atas..yuk jangan lupa untuk meninggalkan komentarnya:)

back to top